Langsung ke konten utama

Untuk Apa Menjadi Guru



Siapkan minimal dua penugasan atau strategi saat mengajar, dijamin siswa akan sibuk sepanjang pelajaran. Cara yang ada di foto ini adalah siswa yang sdah selesai langsung ditunggu oleh tugas yang lain untuk dikerjakan.

Menjadi guru yang baik saat mengajar bukan soal sifat si guru tersebut tapi soal kemampuan mengatur irama pembelajaran. Guru yang sifatnya baik pun akan cepat marah jika muridnya sering berlaku tidak tertib. Salah satu hal yang membuat siswa tertib adalah kesibukan yang bermakna. Membuat siswa bisa sibuk namun tetap bermakna memang tantangan semua guru. Ada guru yang senang memberi soal sulit pada siswanya dengan harapan siswanya sibuk dan waktu mengajar dia tidak dipusingkan oleh masalah perilaku.
Padahal sebaliknya hal tadi hanya terjadi pada siswa yang perilakunya memang sudah baik, sementara anak-anak yang lain akan cepat bosan dan justru membuat ulah karena merasa gurunya memberi pekerjaan sulit tanpa jalan keluar. Karena pekerjaannya sulit membuat anak -anak yang memang sudah bermasalah pada perilaku akan timbul lagi keinginannya untuk membuat keributan dan ujung-ujungnya guru akan merasa gagal dalam mengajar siswanya di hari itu.
Ada beberapa cara untuk membuat jam pelajaran anda berlalu tanpa terasa baik kita sebagai guru maupun siswa sebagai penikmat cara mengajar dan perencanaan mengajar kita.
1.     rencanakan dalam seminggu perencanaan mengajar anda
2.   selalu update rencana pengajaran anda setelah dan sebelum mengajar
3.   tidur yang cukup setiap hari. Hal ini penting agar suasana hati kita terjaga dan tidak mudah emosi
4.   rencanakan pengajaran anda dalam team, jika tidak mungkin konsultasikan formal dan informal RPP anda pada rekan sesama guru.
5.    masuk kelas lebih awal bisa 3 menit atau 5 menit lebih awal.
6.   pikirkan 3 strategi atau rencana dalam mengajar, dengan demikian anak yang cepat selesai tetap punya kegiatan
7.    saat mengajar sempatkan memotivasi siswa. memotivasi itu bukan memuji karena memotivasi anda perlu mendalami karakter anak yang anda ingin motivasi
8.   tebarkan senyum pada seisi kelas
9.   ucapkan salam dengan semangat saat akan mengajar
10.        berikan soal yang menantang dan bukan sekedar sulit
11.minta siswa untuk ajarkan siswa lainnya jika ia sudah selesai
12.         kurangi gaya  ‘one man show’ saat mengajar, kurangi semangat untuk menceramahi siswa. Biarkan siswa juga berbicara di kelas, berbagi mengenai strateginya dalam mengerjakan soal yang anda berikan.
Berbagi pengetahuan dan pengalaman pribadi melalui dunia maya sangat seru dan mudah. Blog ini berisi tentang pengalaman pribadi penulis dalam dunia game, fitness, pariwisata dan kuliner. Tetapi akan lebih banyak membahas mengenai game online khususnya Ragnarok Online Indonesia, karena game itu yang saya mainkan hingga saat ini dan belum ada rencana untuk pensi (berhenti).
Cara Menjelaskan Dengan Mudah
Beberapa waktu lalu, saya tidak sengaja membaca kutipan yang bunyinya "Hanya orang pintar yang dapat menjelaskan sesuatu yang rumit menjadi sesuatu yang mudah, sedangkan orang yang bodoh hanya bisa mempersulit sesuatu". Setelah dipikir-pikir memang betul juga. Secara jika anda sudah mengerti sesuatu, maka untuk menjelaskanya akan mudah dimengerti juga.

Berbeda dengan orang yang bodoh, mereka akan menjelaskan suatu masalah seakan2 masalah itu tidak bisa diselesaikan dengan mudah. Pada situasi seperti itu, anda harus mengerti karena orang seperti itu ingin dikatankan pintar. Oleh karena itu mereka menjelaskan dengan berbelit2 agar terlihat hebat.

Contoh Nyata
Di sebuah acara yang membahas tentang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), ada anak kecil yang bertanya "apa itu Elektron?". Dengan mudah pembawa acara menjawab, "elektron adalah bagian kecil dari benda yang mengandung listrik". Lalu anak kecil yang bertanya itu langsung mengerti dengan penjelasan si pembawa acara.

Berbeda dengan saya dulu, ketika guru kimia menjelaskan tentang Elektron. Dia menjawab dengan rumit "elektron adalah ion negatif yang terdapat pada suatu benda". Karena mendapatkan jawaban seperti itu, maka timbul pertanyaan baru "apa itu ion?". Guru pun menjawab lagi dengan panjang lebar, dari setiap jawaban yang diberikan akan menimbulkan pertanyaan baru yang membuat saya semakin bingung.

Jika masalahnya seperti ilustrasi diatas, maka siapa yang lebih pintar. Pembawa acara atau guru kimia? Cerita diatas hanyalah penggambaran saja, pastinya yang lebih pintar mengenai ilmu kimia adalah guru kimia.

Penutup
Jawaban yang baik untuk sebuah pertanyaan adalah jawaban yang tidak menimbulkan pertanyaan baru dari jawaban yang diberikan.

Jadi jika anda ingim menjadi orang yang bisa menjelaskan sesuatu yang rumit menjadi sesuatu yang mudah. Walaupun pada pelaksanaanya, penjelasan yang terdengar mudah belum tentu mudah untuk dikerjakan. Tetai yang penting, orang lain mengerti dulu, apa yang dijelaskan.

Untuk pengerjaanya, bisa dilakukan dengan ketelitian, jangan melakukan suatu pekerjaan dengan menganggapnya mudah karena bisa menyebabkan kecelakaan. Karena penjelasan itu adalah sesuatu yang harus bisa dimengerti dengan mudah, berbeda dengan pengerjaan yang diharuskan untuk selalu benar, khususnya yang berhubungan dengan hidup seseorang (cth: Dokter, Pengeboran Minyak, Pertambangan, Reaktor Nuklir).

Hidup akan lebih mudah, jika anda pintar.
Dipandu oleh Fakry Nar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Usia dan jangkauan pemimpin Aceh untuk Pembangunan Aceh Berkelanjutan

  Berpikirkah para pemangku jabatan untuk kemajuan Aceh 30 tahun ke depan? Adakah rencana anggota DPRK dan DPRA untuk pendidikan, kesejahteraan dan kemajuan Aceh? Atau hanya berpikir pokir, ditaruk ke kerabatnya   dan tak ada evaluasinya? Tak ada manfaat untuk orang lain, untuk Aceh? Apakah sudah tepat rencana anggaran tahun ini? Apa rencana Gubernur Aceh hanya untuk lima tahunan saja? Pj Gubernur piye kabare? Apa saja yang sudah selesai? Apa jalan, bangunan, infra merah dan infrastruktur sudah sesuai dengan spek? Ada standar keamanan? Evacuation route? Ramah lingkungan? ramah anak? Ada jalan untuk difabel? Atau hanya proyek yang dibangun untuk mengeruk laba saja? Bagaimana dengan perencanaan pengentasan kemiskinan? Apa benar orang miskin akan dipindahkan ke provinsi lain biar tak ada lagi orang miskin di Aceh? Atau ada rencana strategis? Penciptaan lapangan bola dan lapangan kerja untuk penganguran di Aceh?